3 Tempat wisata di Bogor



1.Kebun raya Bogor

    Kebun raya Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Kebun ini dioperasikan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kebun ini terletak di pusat kota Bogor dan bersebelahan dengan kompleks istana kepresidenan Istana Bogor. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Letak geografi yang Bogor mengalami hujan hampir setiap hari bahkan di musim kemarau menjadikan kebun ini sebagai lokasi yang menguntungkan untuk budidaya tanaman tropis.

    Kawasan yang kini menjadi Kebun Raya Bogor awalnya merupakan bagian dari "samida" (hutan buatan) yang kira-kira didirikan di masa Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513) yang memerintah Kerajaan Sunda, sebagaimana tertulis dalam prasasti batutulis. Hutan ini dibuat untuk melindungi bibit pohon langka. Hutan ini terbengkalai setelah kerajaan Sunda runtuh pada abad ke-16. Pada tahun 1744, Perusahaan Hindia Belanda Timur (VOC) mendirikan sebuah taman dan wastu di lokasi Kebun raya yang sekaran ada di Buitenzorg (sekarang dikenal sebagai Bogor)



2.Taman Wisata Alam Gunung Pancar
    Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar menawarkan keunikan tersendiri dengan keanekaragaman flora dan fauna yang menghiasi lingkungan, serta pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Dalam kawasan ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas petualangan, di antaranya berkemah yang tentunya memberikan pengalaman tak terlupakan.

    Gunung Pancar memiliki objek dan daya tarik wisata yang cukup menarik, yaitu pemandian air panas, makam keramat mbah putih yang di anggap sebagai leluhur oleh warga setempat dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain:
  • Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) Wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi),
  • Wisata budaya (menikmati pergelaran seni tradisional dan ziarah ke makam keramat di Puncak Gunung Pancar).


Sarana prasarana wisata di Gunung Pancar di antaranya pusat informasi, pondok kerja, sarana olahraga, area kamping, tempat bermain anak, sarana pemandian air panas, rumah kecil, fasilitas penginapan dan ruang pertemuan


3. Sempur


    Lapangan Sempur (Sunda: Lapangan Sémpur) terletak di seputar Kebun Raya Bogor, tepatnya di sisi bagian utara setelah Jalan Si Jalak Harupat. Posisi lanskap lapangan ini lebih rendah dari jalan raya sehingga jika sedang diadakan event-event tertentu akan sangat terlihat jelas dari atas jalan. Namanya berasal dari nama sejenis tumbuhan, sempur.












    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar